Kamis, 07 Januari 2010

Arsitektur Server Client

Client dan Server

hm,untuk permulaan..ada baiknya kita mengenal dulu mengenai arti dari server dan apa itu client.
server,definisi dari server adalah suatu penyedia layanan (pusat) atau service jika terdapat sebuah client yang meminta layanan. bentuk layanannya pun dapat berupa data,object,control,file dan lain2.
Sedangkan client adalah sang peminta layanan.
Untuk lokasi atau tata letak antara client dan server,biasanya dapat dilihat dan dibedakan dengan mudah dan jelas.
idealnya, perangkat lunak dari client maupun server harus independent dari perangkat keras maupun platform sistem operasi.
Didalam model klien server, biasanya sebuah aplikasi dibagi menjadi 2 bagian yang terpisah, tapi masih merupakan satu kesatuan yaitu komponen klien dan komponen server. Komponen klien juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end. Komponen klien dari aplikasi tersebut dijalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan data dari pengguna. Komponen klien tersebut akan menyiapkan data yang dimasukkan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu dan mengirimkannya kepada komponen server yang dijalankan di atas mesin server, umumnya dalam bentuk request terhadap beberapa layanan yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima request dari klien, dan langsung memprosesnya dan mengembalikan hasil pemrosesan tersebut kepada klien. Klien pun menerima informasi hasil pemrosesan data yang dilakukan server dan menampilkannya kepada pengguna, dengan menggunakan aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna.
Sebuah contoh dari aplikasi client/server sederhana adalah aplikasi web yang didesain dengan menggunakan Active Server Pages (ASP) atau PHP. Skrip PHP atau ASP akan dijalankan di dalam web server (Apache atau Internet Information Services), sementara skrip yang berjalan di pihak klien akan dijalankan oleh web browser pada komputer klien. Klien-server merupakan penyelesaian masalah pada software yang menggunakan database sehingga setiap komputer tidak perlu diinstall database, dengan metode klien-server database dapat diinstal pada suatu komputer sebagai server dan aplikasinya diinstal pada client.

sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Klien-server
http://www.ilmu-komputer.net/internetworking/arsitektur-client-server-1/
http://ilmu-komputer.net/internetworking/arsitektur-client-server-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar